Apersi Wilayah Bogor Depok Kolaborasi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Gathering pengembang perumahan daerah Bogor dan Depok berlabel Kopdar Bordes 2019 diselenggarakan oleh Asosiasi Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) korwil III Bogor dan Depok, pada Kamis (15/8) di LorIn Hotel Sentul, Bogor. Kopdar Bordes sendiri kepanjangan dari Kolaborasi Pengembang Perumahan Daerah Bogor Raya dan Depok sekitar. Komunikasi dengan silaturahmi untuk kolaborasi merupakan tema yang diusung kali ini. Kopdar Bordes adalah sebuah gerakan positif untuk mengajak seluruh stake holder indutri perumahan di wilayah Bogor dan Depok untuk berkolaborasi mencari solusi terbaik yang dapat dirasa manfaatnya bagi semua pihak.


“Pengembang perumahan dalam pertumbuhan usaha juga harus dapat berinovasi, dengan cara-cara baru yang bisa jadi mendisrupsi model bisnis lama,” ungkap Ketua APERSI Jawa Barat Wilayah III, Ahmad Yani Hasim.


Lebih lanjut Kang Yayan—biasa ia disapa—menjelaskan sudah saatnya di era sharing economy ini pengembang perumahan  lebih cerdas dalam membangun usahanya. “Sinergi dan kolaborasi menjadi pilihan yang cerdas sehingga efisiensi maupun efektifitas dalam bisnis lebih mudah dicapai,” tegas Kang Yayan.


Tidak tanggung-tanggung, di acara tersebut dihadiri dua lembaga teknis daerah dibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah sekaligus yaitu Bapeda Kabupaten Bogor dan Bapeda Depok. Terlihat perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Bogor, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Bogor serta Badan Penyelenggara Tabungan Wajib Perumahan Angkatan Darat (BP TWP AD) sebagai pihak-pihak yang memiliki kebutuhan tetap akan pemenuhan perumahan, baik bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karyawan dari perusahaan anggota APINDO serta prajurit  melalui BP TWP AD.


Pengembang perumahan yang hadir sangat antusias ketika tampilnya Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (ASFI) yang dianggap sebagai alternatif pembiayaan bagi proyek perumahan selain perbankan. Sebagai salah satu panelis yang merupakan kumpulan perusahaan fintech syariah yang berfokus untuk memberikan solusi terhadap permasalahan klasik pengembang perumahan yaitu kebutuhan pendanaan dengan sistem non konvensianal.


Sekjen APERSI Jabar Wilayah III, Azhary Husni mengatakan, kolaborasi dengan seluruh stake holder industri perumahan adalah langkah tepat untuk saling mengisi dan melengkapi serta menguatkan dalam segala hal.


“Semoga Kopdar Bordes 2019 ini menjadi momentum bersejarah bagi seluruh pengembang perumahan, terutama wilayah Bogor dan Depok untuk bisa berkembang bersama-sama, karena sendiri-sendiri sudah tidak jaman karena sekarang jamannya kolaborasi” jelas Sekjen Apersi Jabar Wilayah III, Azhary Husni.


Sebagai aksi konkrit, APERSI Jabar Wilayah III menandatangani nota kesepahaman dengan APINDO Kabupaten Bogor dan ASFI. (rd)


sumber : Radardepok